TUJUH IDENTITAS DAN ATRIBUT PENGHUNI SYURGA FIRDAUS: INTISARI FIRMAN ALLAH SURAT AL-MUKMINUN AYAT 1-11

TUJUH IDENTITAS DAN ATRIBUT PENGHUNI SYURGA FIRDAUS: INTISARI FIRMAN ALLAH SURAT AL-MUKMINUN AYAT 1-11

بسم الله الرحمن الرحيم

قد أفلح المؤمنون ( ١) الذىن هم فى صلاتهم خاشعون (٢)
والذىن هم عن اللغو معرضون(٣) والذين هم للزكاة فاعلون (٤) والذين لفروجهم حافظون (٥)إلا على أزواجهم او ماملكت أيمانهم فإنهم غير ملومين (٦) فمن ابتغى ورآء ذلك فأولئك هم العادون (٧) والذين هم لأماناتهم وعهدهم راعون (٨) والذين هم على صلواتهم يحافظون (٩) أولئك هم الوارثون (١٠) الذين يرثون الفردوس هم فيها خالدون (١١)

Tujuh Identitas dan atribut Penghuni dan Pewaris Syurga Firdaus:

Pertama: المؤمنون: Basic Fundamental Keimanan sebagai pengantar utama menuju keabadian nikmat ilahi. Pondasi dasariyah untuk meraih keberuntungan dan kebahagian paripurna yang tentu dilengkapi dengan identitas dan atribut-atribut berikut ini.

Kedua: الخاشعون: Orang yang beridentitas pada aspek fokus totalitas hati dan fikiran beserta gerakan hidup nadinya hanya kepada Allah. Itulah Orang yang Shalat dengan Khusyu’

Ketiga: المعرضون: Identitas pribadi yang selalu fungsional dalam segala ucapannya tak terkontaminasi oleh hal-hal yang tak produktif, hal-hal yang tidak fungsional. Orang yang menghindari diri kata-kata dan ucapan hoak dan yang tak perlu. Selalu berusaha bersikap preventif dan antisipatif dalam segala ucapan dan ungkapannya.

Keempat:الفاعلون: Identitas Reflektif (al-faiil-al-infiaal) karena kesadarannya sendiri untuk berbagi empati dan bersoleh sosial dalam upaya meringankan beban kehidupan orang lain. Dialah Orang yang selalu Menunaikan Zakat.

Kelima: الحافظون: Identitas Personiltas yang memiliki integritas dan karakter advokatif yang selalu dapat membela dan menjaga muruah dan harga dirinya untuk tidak terjerumus dalam lembah kenikmatan sesaat dan sesat berupa perzinahan. Dialah Orang yang menjaga kemaluannya dari hal-hal yang diharamkan.

Keenam:الراعون: Identitas dan atribut yang sering dilalaikan oleh banyak orang. Identitas resposibilitas dan akuntabilitas. Identitas Kejujuran dan keamanahannya dalam menjalankan tugas dan amanah yang diembannya. Dialah Sang Pera’i Orang yang menunaikan amanat dan tanggung jawab dengan sempurna.

Ketujuh: المحافظون: Identitas dan Atribut sang pemerhati, penjaga, pemelihara, penunai tepat waktu, pengingat tugas dan fungsi, pengajak orang lain tuk sama-sama melaksanakannya, mengorbankan kerjaan lain demi melaksanakan kewajiban pokok utama dan terutama. Inilah yang disebut oleh Allah sang Muhafizh. Tak Ubahnya seperti pemimpin yang mampu memelihara dan menjaga rakyatnya dari keterbelakangan kemiskinan dan kebodohan. Dialah sang muhafizh orang yang selalu menjaga dan memperhatikan shalat yang lima waktu. Mereka itulah pewaris syurga Firdaus. Semoga kita termasuk dalam penghuni syurga firdaus. Amin.

Edisi Tadarrus al-Quran. 10 Ramadhan 1441 H. 3 Mei 2020 M

Share this post