EMPAT TIPOLOGI MANUSIA: DUA TIPOLOGI POSITIF DUA TIPOLOGI NEGATIF

EMPAT TIPOLOGI MANUSIA: DUA TIPOLOGI POSITIF DUA TIPOLOGI NEGATIF


TADARRUS HADIS NABI MUHAMMAD SAW

الناس أربعة رجل أتاه الله علما ومالا فهو يعمل فى ماله بعلمه، فيقول آخر لو أتانى الله مثل ما أتاه عملت مثل عمله فهما في الأجر سواء،
ورجل أتاه الله مالا ولم يؤته علما فهو يخبط فى ماله بجهله فيقول آخر لو أتاني الله مثل ما أتاه عملت مثل عمله فهما فى الوزر سواء. (رواه الترمذي وقال حديث حسن)

Manusia Itu ada empat tipologi:
TIPOLOGI PERTAMA & KEDUA:
Orang yang diberikan oleh Allah swt Ilmu pengetahuan dan harta kekayaan. Seorang yang dikaruniai ilmu dan harta itu berdedikasi dengan hartanya berdasarkan ilmu pengetahuan yang dia miliki. Sementara seseorang lagi bergumam, sekiranya daku diberikan seperti orang itu, niscaya daku melakukan hal yang sama dengan apa yang dia lakukan. Dua tipologi orang ini ternyata secara reword pahala dari Allah dikategorikan sama.

TIPOLOGI KETIGA DAN KEEMPAT

Orang yang diberikan oleh Allah swt harta benda tanpa diberikan ilmu pengetahuan. Orang ini berbuat serampangan dan membahayakan dengan memanfaatkan harta bendanya karena kebodohannya.
Bergumam yang satu lagi, sekiranya daku diberikan harta benda seperti orang itu, niscaya daku melakukan seperti dia itu. Ternyata dua tipologi ini berkongsi dalam dosa yang sama.

Intinya:
Tipologi positif : Mempunyai dua kombinasi yang sempurna Harta dan Ilmu kemudian berkarya dan berdedikasi berdasarkan ilmu pengetahuan yang benar.
Tipologi positif kedua: Tak Punya Ilmu juga tak punya harta, tapi punya obsesi yang sama dengan orang yang punya harta benda dan ilmu pengetahuan ternyata Allah menghitungnya sebagai orang yang sempurna dan bertipologi positif karena mempunyai semangat juang dan pengabdian yang sama.

Tipologi negatif: Punya harta benda tak punya ilmu dengan hartanya berbuat semena-mena. Orang ini terkategorikan negatif.
Tipologi negatif: Tak punya apa-apa namun sekiranya diberikan harta seperti orang itu dia berobsesi untuk melakukan hal negatif yang sama. Ternyata sebatas angan dan obsesi terhitung hal yang negatif di sisi Allah.

Ayooo bangun obsesi dan optimisme positif meski tak punya harta benda bahkan tak berilmu sekalipun namun memiliki potensi positif maka Allah mengkategorikan orang yang mulia dan dimuliakan.

Selamat bertadarrus dan selamat istirahat di malam ramadhan mubarak ini. Amiin. Malam 10 Ramadhan 1441 H

Share this post